Anjing Lapar

Cara Memberi Makanan Anjing yang Benar dan Tepat

Anjing merupakan hewan peliharaan yang setia dan tangkas sehingga banyak dicintai oleh manusia. Dari berbagai jenis hewan peliharaan, anjing merupakan jenis hewan yang paling memiliki ikatan batin dengan pemiliknya sehingga kerap dianggap sebagai anggota keluarga dibandingkan dengan hanya sebagai hewan peliharaan.

Sebagai anggota keluarga yang menyayangi Anda, anjing juga patut diberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Bukan hanya kandungan nutrisi, Anda juga harus memperhatikan rasa makanan anjing atau dog food yang diberikan agar si anjing menyukainya dan mau makan dengan lahap.

Meski tampaknya sepele namun memberi makan anjing kesayangan juga memerlukan cara yang tepat agar si anjing bisa tumbuh dengan baik. Beberapa pemilik anjing memberi makan anjing peliharaan mereka dengan makanan manusia yang sama.

Hal tersebut tak mengapa karena anjing bisa mencerna nasi dan makanan manusia dengan baik. Anda bisa memberikan anjing nasi, sayur dan bahkan buah jika memang anjing Anda menyukainya. Tetapi sebenarnya makanan utama anjing adalah daging yang memberikan banyak kalori untuk keperluan aktivitasnya yang lebih aktif.

Selain makanan manusia, Anda juga bisa memberi anjing makanan khusus anjing yang sudah banyak dijual di toko hewan peliharaan ataupun di toko online. Makanan untuk anjing tersebut memiliki 2 bentuk yaitu:

  • Dry food.
  • Wet food.

Untuk wet food, bentuknya menyerupai agar-agar yang lebih padat dengan bahan isian daging serta campuran lainnya untuk memberi asupan nutrisi seimbang dan sempurna. sedangkan bentuk dry food berbentuk biskuit kecil menyerupai makanan kucing.

Dari kedua jenis makanan tersebut, makanan dry food lebih dianjurkan karena untuk wet food bisa mengakibatkan caries pada gigi. Wet food lebih sering menempel pada gigi kemudian menumpuk hingga dalam waktu lama jika gigi anjing tidak rajin dibersihkan, akan mengakibatkan gigi infeksi dan nafas yang bau.

Wet food sebenarnya bisa digunakan untuk meningkatkan selera makan si anjing apalagi untuk anjing yang sedang dalam masa penyembuhan. Namun sebaiknya Anda juga rajin membersihkan gigi anjing jika ia menggunakan makanan anjing wet food.

Cara pemberiannya adalah dengan memberi per porsi dalam satu kali jadwal makan. Untuk wet food, sudah ada kemasan tunggal sekali buka untuk anjing langsung menghabiskannya. Namun untuk dry food, Anda yang harus menakarnya sendiri sesuai dengan berat badan anjing Anda.

Dalam satu hari, Anda bisa memberi anjing 2 hingga 3 kali jadwal makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Selain makanan, Anda juga bisa memberinya susu khusus hewan untuk melengkapi nutrisinya dan sebagai bukti rasa kasih sayang Anda padanya.

Umumnya makanan untuk anjing tidak membedakan ras anjing tertentu, namun Anda bisa memberi makanan khusus untuk anjing usia muda, anjing yang sedang menyusui atau anjing yang memiliki masalah pencernaan atau sudah tua. Jika Anda ingin mengganti makanan untuk anjing dari merk lama ke merk baru, sebaiknya Anda melakukannya secara bertahap dengan cara mencampur kedua merk tersebut dengan porsi makanan lama lebih banyak dibandingkan makanan baru.

Kemudian kurangilah porsi makanan baru sedikit demi sedikit hingga makanan lama bisa diterima oleh lidah dan pencernaan si anjing. Hindari membeli makanan anjing yang sudah mendekati masa kadaluarsa apalagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak dengan maksud untuk stok. Jamur yang bisa tumbuh pada wet food bisa meracuni sistem cerna anjing dan mengakibatkan anjing Anda sakit dari muntah hingga diare yang parah.


Sumber Foto : dogslife.com.au

Belum ada komentar

Tulis sebuah komentar