Cara Mengurangi Ukuran File Gambar

Gambar atau foto adalah salah satu komponen yang menunjang dalam blogging. Tulisan tanpa gambar terasa kurang menarik. Namun, bagi pengguna WordPress Self Host menambahkan gambar berarti mengurangi ruang kosong pada hosting. Ditambah theme WordPress yang menggenerate gambar ke beberapa ukuran. Lambat laun akan mengakibatkan hosting kepenuhan.

Salah satu solusi agar hosting tidak kepenuhan atau minimal tidak cepat penuh adalah mengurangi ukuran file gambar. Foto yang diambil dari kamera berpixel besar akan menghasilkan file size yang besar pula. Kurangi resolusi gambar, untuk blog saya patok lebar 600 pixel. Tambahkan pula dengan mengkompres gambar.

Unggah gambar ke situs tinypng.com atau tinyjpg.com. Tarik file gambar dari Explorer ke area “Drop your .png or .jpg files here!“.

Mengurangi Ukuran File Gambar

Proses unggah dan mengurangi ukuran file gambar berekstensi png atau jpg akan berjalan secara otomatis. Hasil gambar yang telah dikompres akan muncul sendiri dalam bentuk tautan download dengan nama file sama.

Hasil Kompres Gambar Tinypng

Ukuran file gambar dari 29.4 KB dikompres menjadi 24.3 KB. Pengurangan sebanyak 17 persen. Beberapa file gambar memiliki persentase berbeda. Kadang saya menemukan lebih dari 50%. Ini hanya mengurang ukuran file atau file size, ukuran gambar resolusi gambar tetap sama.

Untuk pengguna WordPress, bisa memanfaatkan plugin Compress JPEG & PNG images. Fungsinya, mengurangi ukuran file gambar yang diupload. Plugin akan otomatis kompres gambar. Anda tak perlu lagi melakukan langkah-langkah di atas. Pasang plugin dan minta API Key di TinyPNG Depelovers. Pengaturannya berada di Settings -> Media page.

Selamat mencoba. Salam ikhlas.

Tinggalkan Balasan