Ingin Menikmati Indahnya Malam? Ini 4 Tempat Wisata Malam di Makassar yang Layak Dikunjungi

Pernah tebersit menjelajahi Kota Makassar di malam hari? Kota Makassar merupakan Ibu Kota Sulawesi Selatan yang tidak pernah sepi sepanjang hari.

Bahkan, saat jam menunjukkan tengah malam, Kota Makassar masih dipenuhi lautan manusia. Itulah sebabnya, beberapa kawasan di Kota Makassar kerap dijadikan tempat wisata malam.

Tempat wisata malam mana saja yang bisa Anda kunjungi? Simak ulasan berikut ini.

Pantai Losari

Pantai Losari merupakan ikon wisata pantai di Sulawesi Selatan. Pantai ini berlokasi di Jalan Penghibur, sebelah barat Kota Makassar. Pantai Losari sempat mendapatkan julukan pantai warung terpanjang karena saking banyaknya warung yang berjejer di  bibir pantai.

Tapi, sekarang, warung-warung tersebut telah dipindahkan di lokasi yang tidak jauh dari pantai.

Pantai Losari Makassar Sulawesi Selatan

(sumber : anekatempatwisata.com)

Pemandangan Pantai Losari kekinian berupa tulisan Pantai Losari yang memanjang di tepi pantai. Tulisan ini berukuran raksasa sehingga bisa dijadikan latar belakang foto yang menawan.

Dinding tulisan terlihat makin indah saat matahari terbenam. Pasalnya, cahaya matahari memantul ke dinding dan menciptakan kilau laksana kristal.

Pantai Losari dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Wi-Fi gratis, kafe di pinggir laut, dan ragam menu makanan laut. Biasanya, area Pantai Losari makin ramai ketika memasuki pukul tiga sore sampai pukul sembilan malam.

Tapi, jangan berharap menemukan pasir di pantai ini karena sepanjang pantai telah dibangun tanggul dari beton. Sebagai gantinya, Anda bisa bermain sepeda air, berenang, atau memancing ikan.

Menariknya, di Pantai Losari terdapat sebuah masjid yang mengapung di atas lautan. Masjid ini mampu menampung sekitar 400 jemaah.

Sarraba Jalan Sungai Cerekang Makassar

Pernah mendengar kata sarraba? Sarraba tidak lain adalah nama minuman tradisional Makassar. Minuman ini terbuat dari bahan gula merah, jahe, merica, dan santan kelapa yang diseduh dengan air hangat.

Sarabba Makassar Sulawesi Selatan

(sumber : goodfoodforbadcooks.com)

Nah, Anda bisa menikmati minuman tersebut di Jalan Sungai Cerekang, Kota Makassar. Kurang lebih ada 4 warung yang berjualan di sana.

Minuman sarraba dibanderol dengan harga Rp7.500,00 sampai dengan Rp10.000,00, tergantung kombinasinya. Minuman sarraba ini lebih asyik kalau dinikmati bersama ubi, pisang goreng, atau bakwan.

Lokasi sarraba mulai beroperasi pukul enam sore hingga setengah dua dini hari. Biasanya, banyak muda yang menghabiskan waktu malamnya di sini. Itulah sebabnya, Jalan Cerekang tidak pernah sepi.

Taman Kota Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam merupakan cikal bakal Kota Makassar yang dibangun pada abad ke-16. Benteng Rotterdam adalah saksi sejarah kejayaan Kerajaan Gowa sekaligus ujung tombak pertahanan pada masanya.

Desain benteng ini sangat kokoh dengan ketebalan 2 meter dan tinggi 5 meter.

Benteng Rotterdam Makassar Sulawesi Selatan

(sumber : anekatempatwisata.com)

Terlepas dari semua itu, kini Pemerintah Kota Makassar mengembalikan keindahan Benteng Rotterdam seperti sediakala. Sekitar benteng ini dibangun taman-taman cantik yang berfungsi sebagai objek wisata.

Pengunjung yang ingin masuk ke area taman harus melewati pintu setinggi 3 meter dan mengisi buku tamu. Setelah itu, pengunjung akan menjumpai hamparan rumput hias yang membentang di sekeliling taman. Pengunjung bisa berjalan di atas jalan setapak saat memasuki kawasan ini.

Taman Kota Benteng Rotterdam beroperasi hingga malam hari. Sepanjang dinding benteng terdapat parit-parit. Lalu, ada juga terowongan yang menghubungkan parit dengan bagian dalam benteng. Parit tersebut berfungsi sebagai pertahanan dari serangan musuh di masa lalu.

Kota Makassar punya banyak kisah berharga yang diabadikan dalam objek wisata. Bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di sana, ada baiknya mencari penginapan terdekat.

Airy Rooms

Kalau masih bingung cari penginapan, Airy Rooms siap membantu Anda. Melalui Airy Rooms, Anda akan menemukan banyak hotel murah di Makassar.

Tentunya, fasilitas kamar hotel tetap diutamakan, seperti kamar ber-AC, kamar mandi bersih, televisi, dan masih banyak lagi. Salam ikhlas 🙂

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: