Bayi Ketika Tumbuh dan Berkembang

Kenali Tahapan Bayi Ketika Tumbuh dan Berkembang

Bayi berkembang dan bertumbuh sangat cepat. Rasanya baru kemarin anda melahirkan buah hati anda, sibuk menyusui, menemaninya begadang, mengelap ompolnya, memandikannya, memakaian ia baju, kini ia sudah berlari-lari ke sana dan ke mari.

Lelah itu pasti, namun keindahan menjadi seorang ibu tidak akan tergantikan dengan apa pun. Demi melihat si buah hati bertumbuh dan berkembang dengan baik, ibu rela melakukan apa saja.

Bahkan tidak sedikit ibu-ibu bekerja yang rela berhenti dari pekerjaan demi menjadi ibu penuh waktu. Banyak ibu-ibu yang memiliki karier moncer akhirnya lebih memilih menjadi ibu rumah tangga, karena ingin selalu ada untuk putra-putri mereka.

Hanya perlu waktu 12 bulan yang singkat untuk menikmati tumbuh kembang pada bayi. Mengapa singkat padahal kenyatannya 12 bulan itu 1 tahun? Karena, transformasi bayi mulai dari lahir hingga belajar berjalan sangat luar biasa. Setiap bulan ia membawa sesuatu baru dan memperlihatkan perkembangan yang menarik.

Anda sebagai orang tua harus belajar membantu tumbuh kembang pada bayi anda. Siklus tumbuh kembang bayi dimulai pada 12 bulan pertama dalam hidupnya. Setiap tahapan memerlukan stimulasi tertentu.

Pada 2 bulan pertama mata bayi anda akan belajar mengikuti objek bergerak. Ayah dan bunda harus memeriksa apakah mata bayi merespon ketika anda mengajaknya bercanda dan tertawa. Ketika anda bertepuk tangan di dekatnya, apakah ia akan mengedipkan mata? Ini penting untuk melihat respon indera penglihatannya.

Pada bulan ke-3 atau ke-4 ia belajar menegakkan kepalanya dan meraih objek-objek di sekitarnya. Ayah dan bunda bisa membelikan mainan yang dirancang khusus untuk bayi usia ini. Biasanya mainan ini bisa digantung di atas bayi saat is berbaring, dilengkapi alat pemutar musik. Ini bagus untuk melatih pendengaran dan penglihatannya.

Pada usia 4 sampai 6 bulan, bayi anda akan belajar berguling atau tengkurap. Anda bisa memiringkan tubuhnya untuk membantu ia belajar berguling. Ia juga semakin banyak menangkap warna di usia ini.

Usia 5-6 bulan bayi anda akan belajar duduk, dan MPASI pertama untuk bayi. Untuk melatih motorik jari-jemarinya, anda bisa memberikan makanan padat untuk digenggamnya agar ia bisa belajar mengunyah dan mengenal jenis-jenis makanan. Jangan khawatir tersedak, asalkan anda memberikan makanan yang mudah dikunyah.

Usia 6-9 bulan bayi anda akan belajar berdiri sendiri, mulai aktif berguling ke depan, menirukan kata-kata anda dan berkicau. Bantu ia lebih aktif dengan menuntun ia berjalan dan mengajak ia berbicara.

Usia 9-12 bulan bayi anda mungkin sudah bisa berjalan. Tetapi, tidak semua bayi bisa berjalan sendiri di usia ini, karena setiap bayi berbeda kondisi. Banyak pula bayi yang bisa berjalan sendiri di usia lebih dari 12 bulan.

Belum ada komentar

Tulis sebuah komentar