Nyamuk Demam Berdarah Dengue

Kunci Agar Fogging Efektif Basmi Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Setiap musim hujan, di lingkungan rumah kerap dilakukan fogging. Bagaimana agar upaya ini efektif membasmi nyamuk penyebab demam berdarah?

Sudah menjadi kebiasaan bahwa musim hujan merupakan saat yang tepat untuk melakukan fogging atau penyemprotan asap menggunakan cairan insektisida. Hal ini dilakukan warga untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah.

Menurut dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, fogging yang biasa dilakukan di Indonesia selama ini memerlukan keahlian khusus, meski alat yang digunakan tergolong sederhana.

“Kegiatan pengasapan atau fogging menggunakan bahan cairan insektisida yang bekerja membunuh nyamuk dewasa penyebab demam berdarah. Penggunaannya tidak bisa dilakukan sembarang orang,” jelasnya.

Nah, agar kegiatan fogging dapat memberikan dampak yang optimal, beberapa hal ini sebaiknya dilakukan sebelum tindakan penyemprotan:

  • Petugas sebaiknya memastikan peralatan dapat bekerja dengan baik dan memahami cara pengoperasian alat penyemprot.
  • Takaran obat yang digunakan pada alat fogging harus tepat agar nyamuk benar-benar terbasmi, namun tidak membahayakan kesehatan warga.
  • Penyemprotan sebaiknya dilakukan antara pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Sebab, bila terlalu pagi atau sore, nyamuk tengah bersembunyi, sehingga tidak terjangkau asap fogging.
  • Dilakukan pemeritahuan kepada warga sekitar bahwa akan dilakukan fogging, agar bisa bersiap-siap menggunakan masker pelindung, mengeluarkan barang-barang yang rentan menjadi sarang nyamuk, misalnya yang terdapat genangan air, sudah tidak terpakai dan menumpuk di rumah.
  • Mengingatkan warga sebelum penyemprotan dilakukan agar membuka semua pintu dan jendela agar asap fogging dapat menjangkau sudut rumah.
  • Menggalakkan gerakan 4M plus pada warga, yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, memantau wadah yang terdapat air di dalamnya, menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, menaburkan bubuk abate, serta menghindari gigitan nyamuk.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan agar tindakan fogging tidak sia-sia. Dengan melakukan berbagai hal di atas, nyamuk penyebab demam berdarah pun akan kesulitan berkembang biak, dan Anda serta keluarga terhindar dari penyakit yang tak pernah absen di musim hujan tersebut. Yuk, terapkan 4M plus sekarang juga!

Belum ada komentar

Tulis sebuah komentar