Seminar Kepenulisan FLP Maros 03 Februari 2012

Membangun Tradisi Menulis di Butta Salewangang

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti seminar kepenulisan yang diselenggarakan Forum Lingkar Pena (FLP) Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, bertempat di Aula Al Markaz Al Islami Maros pada hari Ahad tanggal 3 Februari 2013. Meskipun agak telat masuk, namun materi pertama masih sempat saya ikuti.

Seminar Kepenulisan FLP Maros 03 Februari 2012

Seminar Kepenulisan FLP. Al Markaz Maros, 03 Februari 2012

Seminar ini menghadirkan 2 orang penulis Maros untuk berbagi kiat-kiat menulis dengan mengangkat tema “Membangun Tradisi Menulis di Butta Salewangang“. Kedua pemateri tersebut merupakan sesepuh Komunitas Blogger Maros, Ilham Halimsyah (www.ihsyah.web.id) yang menyajikan materi menulis itu mudah dan Kaimuddin Mbck (www.sangbaco.com) yang membahas apresiasi karya sastra serta teknik menulis karya sastra, terutama puisi dan cerpen.

Kesimpulan yang saya tangkap dari pemaparan kedua materi, banyak membaca untuk memperkaya kata. Coba awali dengan menulis yang dilihat, didengar, ataupun dirasa. Sedikit-sedikit endapkan tulisan, tambahkan atau kurangkan bila perlu. Serta pilihlah kata-kata sinonim untuk memperindah tulisan sehingga memiliki ruh.

Seminar kepenulisan ini menambah pengetahuan saya dalam menulis. Sebagai narablog, saya semestinya tidak hanya berkutat pada tampilan blog. Namun memperkaya konten blog dengan tulisan-tulisan yang jujur dan punya ruh. Salam ikhlas.

Satu Komentar

  1. Ratna
    4 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan