Kepulauan Derawan

Selain Derawan, Inilah 3 Destinasi Menarik di Kalimantan

Pariwisata Pulau Kalimantan memang kalah terkenal dibanding Pulau Bali, Jawa, Sulewesi, Sumatra, Lombok, Sumbawa, Maluku, atau Papua. Meskipun begitu, bukan berarti tanah Borneo ini tidak memiliki potensi wisata sama sekali. Pasalnya, Kalimantan punya kontur daratan yang sangat unik dan perairan yang cukup menarik. Potensi seperti ini salah satunya bisa kamu temukan di kepulauan Derawan di kalimantan Timur.

Kepulauan ini memiliki daratan yang unik seperti adanya danau air tawar berisi spesies ubur-ubur tanpa sengat, pantai berpasir putih yang halus, perairan yang jernih dan tenang, serta alam bawah laut yang sangat menawan. Makanya, saat bicara soal destinasi wisata di Pulau kalimantan, Kepulauan Derawan sering jadi yang terdepat.

Kepulauan Derawan

Tapi bukan Derawan saja yang bisa diandalkan oleh Pulau Kalimantan untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Di salah satu pulau non-benua terbesar di dunia ini, masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang layak kamu kunjungi. So, yuk langsung saja pesan tiket Sriwijaya atau maskapai penerbangan lainnya ke Kalimantan untuk mengunjungi destinasi menarik berikut ini:

Taman Nasional Tanjung Puting

Pulau Kalimantan terkenal sebagai paru-paru dunia karena di sana terdapat hutan yang masih sangat luas. Hutan tersebut pun jadi tempat tinggal bagi berbagai jenis flora dan fauna baik yang dilindungi atau tidak, salah satunya adalah Orang Utan.

Untuk melihat kehidupan Orang Utan, kamu bisa datang ke Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. Tapi tenang saja, di taman nasional ini kamu tidak takut akan ganasnya kehidupan rimba. Soalnya di sana sudah dibangun beberapa pusat konservasi Orang Utan yang bisa dikunjungi. Di pusat Konservasi itu, kamu bisa melihat bagaimana primata ini diperlakukan dengan baik.

Taman Nasional Tanjung Puting

Untuk menyusuri kedalaman hutan di Taman nasional Tanjung Puting, kamu pun tidak perlu melakukan treking panjang selama berhari-hari. Kamu cukup menyewa kapal tradisional bernama Klotok dari Dermaga yang ada di Pangkalan Bun.

Kapal tradisional tersebut akan membawa kamu masuk ke dalam hutan rimba dengan menyusuri sungai. Kapal tersebut akan berhenti di beberapa titik agar kamu bisa mengunjungi pusat konservasi. Belum cukup sampai di situ, kapal Klotok ini akan memberi kamu pengalaman berada di tengah hutan selama 3 hari 2 malam.

Berbagai aktifitas seperti makan dan istirahat bisa dilakukan di atas kapal. Tentunya, kamu pun akan disuguhkan pemandangan yang super epic selama berada di atas kapal.

Bukit Kelam

Jika dilihat dari jauh, bukit yang berada di Kabupaten Sintang, kalimantan Barat ini terlihat seperti bukit pada umumnya. Tapi setelah mendekatinya, kamu akan menemukan hal yang spesial dari bukit tersebut. Soalnya, Bukit Sintang merupakan sebuah batu monolid terbesar di dunia. Ukurannya melebihi Ayery Rock di Australia yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

Bukit Kelam

Bukit kelam ini pun menyimpan legenda yang sangat unik. Masyarakat setempat percaya kalau pada jaman dahulu, ada seorang pemuda Dayak sakti bernama Bujang Besi yang ingin menutup aliran sungai Melawi dan Kapuas dengan batu besar agar ia bisa mendapat tangkapan ikan yang jauh lebih banyak.

Namun, niatnya gagal karena di tengah jalan ia terperosok setelah melihat seorang bidadari berparas cantik. Batu itu pun akhirnya tetap berada di sana hingga sekarang berubah menjadi Bukit Kelam yang eksotis.

Labuan Cermin

Tahukah kamu, ternyata air asin dan air tawar bisa berada di wadah yang sama tanpa larut satu sama lain lho? Kalau tidak percaya, datang saja ke Labuan Cermin yang ada di Biduk-Biduk, berau kalimantan Timur. Letaknya cukup dekat dengan Derawan.

Labuan Cermin

Di danau ini, air asin dan air tawan benar-benar terpisah. Selain itu, airnya pun sangat bening seperti kaca. Jadi, kamu bisa menikmati keindahannya baik di permukaan atau dari dasar danau. 

Bukit Bingkirai

Bukit yang satu ini lokasinya berada di Kutai kartanegara, kalimantan Timur. Bukit Bingkirai adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan pemandangan hutan tropis Kalimantan yang sejuk dan alami. Uniknya, di Bukit Bingkirai sudah tersedia jembatan yang menghubungkan 5 pohon Bingkirai sekaligus.

Tinggi jembatan ini mencapai 30 meter dengan panjang sekitar 64 meter. Jadi kamu bisa langsung melihat panorama dari ketinggian. Belum cukup sampai di situ, kamu juga berkesampatan untuk melihat hewan-hewan liar berkeliaran seperti beruk, owa, dan hewan liar lainnya.

Bukit Bingkirai

Menariknya, jembatan ini bisa jadi tempat yang cocok untuk menguji keberanianmu. Selain karena letaknya yang cukup tinggi, jembatan ini akan sedikit bergoyang jika ada hembusan angin yang cukup kuat. Tapi tenang saja, jembatan tersebut sangat aman untuk dilalui meskipun ada hembusan angin karena jembatan itu dibuat oleh kontraktor berlisensi internasional.

Jadi, kamu tidak perlu meragukan lagi potensi wisata yang ada di tanah Borneo karena selain Kepulauan Derawan, masih banyak destinasi menarik lainnya yang bisa kamu temui di Kalimantan. Jadi, ayo lihat harga tiket pesawat dari sekarang, Untuk penerbangan ke Kalimantan dengan harga murah, kamu bisa pesan tiket Sriwijaya.

Lalu, kunjungi reservasi.com untuk lihat harga tiket pesawat paling puran dan memesan tiket Sriwijaya dengan harga terbaik.

 

 

Satu Komentar

  1. Dolan Yok
    16 Desember 2017

Tinggalkan Balasan